daranggi personal blog

mengikat pengetahuan dan ilmu dengan menuliskannya...............



a. Mountain sickness Penyebab: Turunnya kadar oksigen udara pegunungan menyebabkan kadar oksigen dalam darah turun dan berpengaruh ke otak. Tanda-tanda: Mual, muntah, haus, nafas tersengal-sengal, lemah, nafsu makan turun, pucat pada bibir dan kuku, pusing, sakit kepala. Pertolongan: Alirkan lebih banyak oksigen ke pernafasan, dengan tabung oksigen, turun ke tempat yang lebih rendah, berjalan pelan, ambil saat istirahat setiap langkah (menghemat konsumsi oksigen).
b. Frosbite (membekunya anggota tubuh) Penyebab: Hawa dingin (salju). Sering terjadi di ujung jari tangan dan kaki, karena letaknya yang jauh dari jantung sehingga aliran darah kurang. Frosbite permukaan: Yang terkena hanya kulit dan bagian lapisan dibawahnya, kulit terasa keras berwarna abu-abu putih, terasa sakit dan lama kelamaan hilang rasa sakit. Frosbite dalam: Selain kulit, otot-otot sampai tulang juga terkena, bagian yang terkena keras dan kaku, matirasa. Pertolongan: Letakkan bagian yang sakit pada anggota tubuh yang hangat ( ketiak, selangkangan), jangan menggosok-gosok akan mengakibatkan kematian jaringan, cairkan dengan direndam air hangat, jangan kontak langsung dengan api, lampu karena akan menyebabkan kerusakan lebih parah, berikan makanan dan minuman hangat (non-alkohol), usahakan menggerak-gerakkan bagian yang terkena, lakukan secara steril.
c. Eksposure ( kelelahan mental dan fisik karena keadaan alam/ lingkungan) Hipothermia: Terjadi pada lingkungan yang basah, berangin di tempat yang dingin, ditandai suhu tubuh menurun, kelelahan, sulit bicara, pikiran tak terkendali, pertolongan: perbaiki keadaan,
ganti pakaian yang basah dengan yang kering, istirahat dalam kantong tidur untuk mengurangi pengeluaran panas tubuh, beri makanan dan minuman hangat untuk memulihkan suhu tubuh. Heat Stroke: Karena suhu tubuh yang tinggi sedangkan pemasukan cairan kurang, disebabkan berada lama di tempat panas tapi tidak diimbangi jumlah cairan masuk yang memadai. Tanda-tandanya: Suhu tubuh meningkat tak terkendali, keringat berkurang, sangat haus, sesak nafas, sakit kepala sampai hilang kesadaran, umumnya didahului dehidrasi. Pertolongan: Bawa ke tempat teduh, lindungi dari panas matahari, dinginkan kepala korban dengan kompres dingin, beri air dingin.
d. Snow Blindness: Kebutaan, karena terlalu banyak melihat cahaya yang terpantul dari salju. Semakin tinggi tempat, semakin tinggi pula konsentrasi sinar ultraviolet. Tanda-tanda: Tidak secara langsung, biasanya 8-12 jam setelah eksposure. Mata terasa kering dan teriritasi, terasa seperti berpasir. Air mata berlebihan, sulit dan nyeri jika mata digerakkan. Kelopak merah dan membengkak dan sulit untuk dibuka. Pengobatan: Yang terbaik adalah pencegahan, dengan menggunakan kaca mata hitam dengan tepian melekat pada kulit muka, lensa dapat melewatkan maksimal 20% cahaya. Penyakit ini akan sembuh dalam beberapa hari, kompres dingin dan pembalutan pada mata, dengan persetujuan dokter gunakan salep mata. Jangan menggosok-gosok mata karena bisa infeksi dan memperparah keadaan.



(Artikel ini adalah bahan-bahan yang penulis dapatkan sewaktu masih aktif sebagai anggota dari Wapa Manggala. Sebuah kelompok mahasiswa pecinta alam di IPDN Jatinangor. Kalau ada yang isinya sama persis dengan artikel dari orang lain, penulis minta maaf, karena tidak ada sedikit pun niat plagiat. Dari pada artikel ini hanya ter save di dalam computer, kan lebih baik di sharing kepada kawan-kawan yang memerlukan…..)

1 comments:

Инстраграмм являться самой популярной площадкой для продвижения собственного бизнеса. Но, как показывает практика, люди гораздо чаще подписываются на профили в которых уже достаточное количество подписчиков. В случае если заниматься продвижение своими силами, потратить на это можно очень много времени, поэтому еще лучше обратиться к спецам из Krutiminst.ru тут http://hackmytown.unibz.it/program/

Posting Komentar

Share |

About This Blog

Blog ini berisi tentang berbagai macam hal yang menarik menurut sudut pandang penulis. Sesuai latar belakang pendidikan dan profesinya, maka blog ini kebanyakan berisi tentang pemerintahan, STPDN/ IPDN, dan Kecamatan Mungka, sebuah kecamatan di Sumatera Barat. Terkadang penulis juga memasukkan hal-hal tentang "Pecinta Alam", teknologi komputer dan internet, dan games PC, sejalan dengan hobby dan aktifitas sehari-hari...........

Bisnis Tiket