daranggi personal blog

mengikat pengetahuan dan ilmu dengan menuliskannya...............

akhir-akhir ini saya punya kebiasaan baru. malam hari sebelum tidur saya sering nonton film. sejak punya koneksi unlimited internet dari fl*xi, maka koneksi ini dimanfaatkan dengan men download film. beberapa film yang saya tonton terakhir ini adalah "Avatar", "Street Fighter, The legend of Chun Li", "Angels and Demons", "This is It" dan "Inglourious Basterd". film Inglourious Basterd cukup menarik perhatian saya karena dibintangi oleh Brad Pitt dan menceritakan tentang Nazi.

ada beberapa film tentang Nazi yang pernah saya tonton. sebelumnya saya pernah nonton Valkyrie, yang dibintangi oleh Tom Cruise. lagi2 saya tertarik karena bintang nya yang sangat terkenal. Inglourious Basterd dan Valkyrie punya beberapa kemiripan. diantara nya cerita yang mengenai Nazi yaitu tentang pembunuhan "The Fuhrer", Hitler. dari sini saya jadi mengetahui bahwa dari dulu sudah banyak pihak2 yang tidak menyukai Hitler dan ingin mengalahkan/ membunuh  Hitler.

pada awal nya kedua film ini agak mengecewakan saya. karena saya mengira ini adalah film action. ternyata tidak. lebih dikategorikan drama war. apalagi Inglourious Basterd, film nya sangat lambat, penggemar film action tidak akan suka. bahkan mungkin banyak yang akan tertidur menontonnya. film ini juga mengingatkan saya pada film lainnya yang diperankan oleh Brad Pitt juga. "The Assasination of Jesse Jamees". sebuah film koboi tentang perampok bernama Jesse James yang ingin dibunuh oleh seorang pemuda. alur cerita film ini sangat lambat, sampai bikin ketiduran. he he..

namun lama2 ada yang menarik dalam film ini. setiap adegan, dialog,  dan percakapannya kalau disimak cukup menegangkan. Quentin Tarantino sebagai sutradara memang ahli dalam hal ini. film yang unik, alur yang sukar ditebak, menarik. terutama sosok Kolonel Hans Landa (bener ga ya namanya), yang diperankan oleh Christoper Waltz. amazing. gaya, mimik, cara interogasi yang tajam, cerdas, mantap. bahkan seakan akan dia lah tokoh utama film ini. dia tampil cukup banyak dalam film ini.
 
mengapa saya bilang film ini unik? ya itu tadi, sukar ditebak. awalnya film ini seperti skenario yang gagal. cerita nya ga beraturan. pake chapter2 segala. tapi karena aktor nya si Brad Pitt maka saya bela2 in nonton film ini sampai habis. namun yang bikin saya terkesan justru si  Kolonel Hans Landa. he he....


inti cerita film ini sebenarnya adalah tentang The Basterd. pasukan khusus Yahudi yang tugasnya adalah membunuh sebanyak mungkin Nazi. pasukan ini bahkan masuk langsung ke daerah pendudukan Nazi. salah satunya yaitu di Prancis pada waktu itu. The Basterd sukses sebagai pasukan khusus, bahkan sempat ditakuti oleh Nazi. Pimpinan The Basterd, Kolonel  Aldo Reine, diperankan Brad Pitt, bermain cukup bagus disini. namun kurang membuat saya terkesan, karena saya merasa tampilnya hanya sedikit. (kenapa ya?) bahkan inti cerita menurut saya bukan lagi The Basterd, tapi  seakan -akan beralih menjadi pembunuhan Hitler. pembunuhan Hitler oleh seorang wanita Yahudi yang semasa kecil lolos pada pembunuhan Yahudi oleh tentara Nazi.

ada yang aneh dalam film ini. film ini menceritakan bahwa Hitler mati dalam sebuah bioskop. dia dibunuh bersama para petinggi Nazi yang lain dalan premiere sebuah film tentang Nazi. bioskop dikunci dan dibakar...
ini sangat bertentangan dengan cerita yang selama ini beredar bahwa Hitler mati bunuh diri dengan racun sianida, bahkan dengan menembak kepalanya sendiri. kematian Hitler memang sangat kontroversial. sampai saat ini tidak ada yang dapat memastikan bagaimana sebenarnya Hitler tewas. 
dari dulu saya sangat penasaran tentang bagaimana kematian Hitler. dalam beberapa game PC yang pernah saya mainkan, saya mencoba mencari tahu bagaimana kematian Hitler. game PC perang dunia kedua yang saya mainkan seperti Call of Duty I, dan II, bercerita tentang perang sekutu dengan Nazi. saya selalu menantikan saat2 menembak Hitler tepat di kepala. namun saat itu tak pernah datang. lalu saya membaca bahwa hitler mati karena bunuh diri. saya jadi senyum sendiri, ya pantas saja ga pernah nembak Hitler, wong dia mati bunuh diri. ha ha ha..............

pernah juga saya menonton film film "Band of Brother". film ini juga tentang perang dunia kedua. tapi saya tak menemukan cerita tentang kematian Hitler secara jelas disini. sampai akhirnya di film Inglourious Basterd ini kematian Hitler dalam versi lain. mati di bioskop yang dibakar oleh wanita Yahudi. dan akhirnya Hitler ditembak oleh anggota The Basterd.

secara umum saya memberikan nilai sangat bagus pada film yang sudah keluar pada pertengahan 2009 ini. walaupun saya baru bisa menontonnya sekarang, sudah jauh sejak pemutaran perdana nya, saya masih menyempatkan buat review tentang film ini. yang istimewa, ada beberapa bahasa yang dipakai dalam film ini, english, jerman, dan italian. ketiga bahasa tersebut dipakai  baik, logatnya bagus. kadang lucu, ha ha. 

beberapa adegan favorit saya adalah adegan di awal film, interogasi oleh Kolonel Hans Landa, keren. lalu adegan di bar bawah tanah, lucu, menegangkan, absurd, permainan watak yang bagus. adegan terakhir di bioskop juga keren. video Shosana tertawa di asap cukup unik dan mnyeramkan. mirip ketawa nya Suzanna bintang film horor nya Indonesia...... ada yang ngerasa juga ga? 

perlu dicatat juga bahwa film ini cukup sadis. beberapa adegan sadis seperti menyayat kulit kepala,  banyak ditremukan dalam film ini. ada juga adegan membuat lambang Nazi menggunakan belati di dahi tentara Nazi yang tertangkap. beberapa membuat miris dan merinding. dan ada juga membunuh seorang tahanan dengan memukul kepala nya dengan tongkat softbol, sampai kepalanya hancur.............

4 comments:

Bos qm review pa spoiler,.gila q blm liat malah di bri tau endingnya,kapok q baca..hahaha,kapan2 jangan gni ya bos

ha ha ha.... sorry bos........

tapi walau sudah baca ini, film nya bakal tetap menarik kok .......

hahaha...he'eh ni,,,,,jd tau ending filmny...

3 thn slah filmnya kluar, saya baru bs nntn, iya filmnya sgt memuaskan

Posting Komentar

Share |

About This Blog

Blog ini berisi tentang berbagai macam hal yang menarik menurut sudut pandang penulis. Sesuai latar belakang pendidikan dan profesinya, maka blog ini kebanyakan berisi tentang pemerintahan, STPDN/ IPDN, dan Kecamatan Mungka, sebuah kecamatan di Sumatera Barat. Terkadang penulis juga memasukkan hal-hal tentang "Pecinta Alam", teknologi komputer dan internet, dan games PC, sejalan dengan hobby dan aktifitas sehari-hari...........

Bisnis Tiket

Status YM

Pengunjung ke

free counters